Minggu, 05 Januari 2014

Macam-macam jenis makanan Junk Food versi Eatlessjunkfood

Umumnya kita sering mendengar bahwa mengonsumsi junk food bukan merupakan pola hidup sehat. Sayangnya, kita terkecoh makanan jenis apa saja yang termasuk kategori junk food. Ketika mendengar kata junk food, yang langsung terlintas di pikiran hanya ayam goreng, burger, kentang goreng dan sebagainya. Namun, apa benar hanya itu saja? Berikut ini merupakan  7 makanan kategori  junk food menurut Eat Less Junk Food antara lain:

Gorengan
     Gorengan merupakan golongan makanan yang kandungan kalorinya tinggi, kandungan lemak atau minyak dan oksidanya tinggi. Bila dikonsumsi secara regular dapat menyebabkan kegemukan, penyakit jantung koroner.
     Dalam proses menggoreng juga banyak terbentuk zat karsiogenik, yang berakibat bagi mereka yang mengonsumsi makanan gorengan jauh  memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena kanker.
·        
            

      Makanan kalengan
   Buah kalengan atau daging kalengan ternyata kandungan gizinya dan vitamin di dalamnya hampir seluruhnya dirusak. Kandungan proteinnya telah mengalami perubahan sifat hingga penyerapannya diperlambat. Nilai gizinya telah jauh berkurang. Selain itu banyak buah kalengan berkadar gula tinggi dan diasup ke tubuh dalam bentuk cair sehingga penyerapannya sangat cepat. Sehingga dalam waktu singkat dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat, memberatkan beban pankreas serta obesitas.
     
      Asinan
   Dalam proses pengasinan dibutuhkan penambahan garam secara signifikan, yang dapat mengakibatkan kandungan garam makanan tersebut melewati batas. Jumlah garam yang melebihi batas akan memberatkan beban ginjal, merusak selaput lendir lambung, merusak usus, dan memperbesar resiko tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi. Yang tidak diketahui oleh kebanyakan orang adalah bahwa amonium nitrit seringkali ditambahkan dalam proses pengasinan. Zat ini menimbulkan resiko kanker hidung dan tenggorokan.



Makanan daging yang diproses (ham, sosis, dan sebagainya)
Makanan daging yang diproses, sosis, ham dll merupakan makanan daging yang telah diproses, mengandung bahan pewarna dan pengawet yang dapat mengganggu lever atau hati,dalam ham terkandung kadar natrium yang tinggi berakibat gangguan tekanan darah dan ginjal,selain itu juga dapat memicu penyakit kanker dikarenakan makanan tersebut mengandung kandungan garam nitrit.

         Makanan dari daging berlemak dan jeroan
    Meski mengandung protein yang baik, vitamin dan mineral tapi dalam daging berlemak dan jeroan mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang sudah divonis sebagai pencetus penyakit jantung.  Makan jeroan binatang dalam jumlah banyak dan waktu lama dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, dan tumor ganas (kanker usus besar), kanker payudara dan lainnya.

  
      
          Mie Instant
      Mie instant mengandung bahan pengawet yang tidah baik bagi kesehatan, kadar garam di dalam mie instant dapat menyebabkan beratnya beban ginjal, meningkatkan tekanan darah serta mie instan juga mengandung trans lipid yang mengakibatkan gangguan di pembuluh darah jantung.
·         
             

      Makanan yang dibakar atau dipanggang
     Makanan yang dipanggang atau dibakar dapat mengakibatkan makanan menjadi gosong dan zat yang terjadi dapat memicu terjadinya penyakit kanker. 


Sumber :

1 komentar: