Kamis, 09 Januari 2014

Bagaimana cara mengurangi konsumsi Junk Food ??

Para peneliti telah melakukan penelitian dan memvonis junk food (makanan nirnutrisi) sebagai makanan yang tidak baik bagi kesehatan, terlebih lagi dapat memicu datangnya penyakit.Menurut sebuah artikel di New York Times Magazine, produsen makanan memang sengaja menambahkan zat-zat tertentu ke dalam produk mereka untuk memicu reaksi fisiologis yang kuat itu. Banyak camilan favorit kita, misalnya, mengandung gula, garam, lemak dan senyawa kimia lain yang didesain agar kita terus-menerus ingin melahapnya. 

Oleh sebab itu, para ahli kesehatan menyarankan kepada kita untuk mengurangi atau bahkan menghentikan kebiasaan mengonsumsi berbagai macam makanan nirnutrisi alias junk food. Namun, tidak mudah untuk mengurangi kecanduan seseorang dalam mengonsumsi junk food. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi ketagihan tersebut menurut Eat Less Junk Food antara lain

1. Ngemil sehat.
Junk food memberikan efek tidak pernah kenyang dan selalu lapar. Daripada mengonsumsi junk food, lebih baik mengemil makanan-makanan yang lebih sehat seperti kacang-kacangan ataupun buah-buahan.

2. Temukan pengganti.
Daripada membeli Junk Food di restoran cepat saji, bagaimana dengan membuat makanan sendiri yang lebih sehat. Misalnya dengan membuat sandwich dari roti gandum berisi sayuran dan daging ayam tanpa lemak. Tidak sempat membuatnya? Carilah restoran atau kedai-kedai makanan yang menjual makanan-makanan sehat seperti ini.

3.Hilangkan kebiasaan buruk.
Sering ngemil atau makan sambil menonton televisi? Jika ya, mulai sekarang sebaiknya tinggalkan aktivitas itu. Karena, berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa makan sambil menonton TVmembuat anda tidak fokus terhadap makanan, yang pada akhirnya anda tidak sadar telah menghabiskan porsi besar.

4.Hindari alkohol.
Alkohol akan memperburuk penilaian anda terhadap makanan. Hal ini akan mendorong anda untuk makan segala jenis makanan, sekalipun makanan yang anda konsumsi tersebut tidak sehat seperti  junk food.

5.Cukup tidur
Tidur yang cukup adalah sekitar 7-8 jam setiap malamnya. Apabila anda kurang tidur, nafsu makan anda semakin meningkat. Kecanduan anda terhadap junk food akan semakin parah.

6.Tentukan batasan.
Mengurangi kecanduan terhadap junk food membutuhkan proses yang tidak instan. Untuk awal-awal proses, kurangi sedikit demi sedikit jumlah pesanan junk food saat anda membelinya di restoran cepat saji. 

Contohnya, pesanlah burger tanpa kentang goreng atau soda. Fase berikutnya, pesanlah hanya burger saja tanpa tambahan kentang goreng dan soda. Bila anda sudah terbiasa akan hal itu, maka hentikan kebiasaan mengonsumsi junk food sepenuhnya.

7.Pilih Tiga Warna.
Penelitian di Cornell University pada 2012 mengungkapkan bahwa orang lebih suka melihat ada tiga jenis makanan dengan tiga warna berbeda di atas piringnya. Jadi,  daripada mengonsumsi permen, pilih saja camilan berupa kacang-kacangan (yang kaya akan lemak baik), irisan buah dan sepotong kecil cokelat pekat (dark chocolate) untuk memperoleh variasi warna, tekstur, sekaligus nutrisi.

8.Identifikasi Makanan Penggoyah. 
Kenali makanan-makanan apa saja yang biasa memicu hasrat Anda untuk mengonsumsi camilan tak sehat. Jika kue red velvet atau pretzel yang biasanya paling mudah menggoyahkan iman Anda, alangkah baiknya menyingkirkan makanan-makanan itu dari rumah Anda.

9.Ketahui Fakta Negatif.
Cari tahu kandungan-kandungan apa saja yang ada di makanan cepat saji yang Anda santap. Fakta-fakta negatif dalam makanan, seperti kandungan zat karsinogen, bahan pengawet, bisa membuat Anda berpikir berulang kali untuk bersahabat dengan makanan tersebut. 

Semoga bermanfaat

Sumber :
http://www.artikelkesehatan99.com/6-tips-mengurangi-kecanduan-terhadap-junk-food/# 
http://www.readersdigest.co.id/Sehat/Info%20Medis/8.cara.mengurangi.konsumsi.junk.food/005/001/330/1 

1 komentar: