Senin, 06 Januari 2014

Fast Food dengan Junk Food, Apa sih bedanya?

Pada saat ini kita  di tuntut untuk bergerak lebih cepat. Jalan lebih cepat, bekerja lebih cepat, berpikir lebih cepat dan makanpun harus lebih cepat. Pola hidup yang serba cepat menyebabkan banyak orang tidak sempat lagi untuk memasak dan “terpaksa” memilih makanan yang cepat tersedia. Makanan cepat sedia ini dinamakan Fast Food, namun, tahukah kamu bahwa Fast Food tidak sama dengan Junk Food? Sering kali kita keliru mengenai Fast Food dan Junk Food. Banyak orang memiliki persepsi yang keliru bahwa Fast food sama dengan Junk Food.


Fast Food (makanan cepat saji)

Makanan siap saji adalah istilah untuk makanan yang dapat disiapkan dan dilayankan dengan cepat. Makanan siap saji yang dimaksud adalah jenis makanan yang dikemas, praktis, atau diolah dan disajikan dalam waktu yang singkat dan mudah dalam hitungan beberapa menit saja. Biasanya istilah ini merujuk kepada makanan yang dijual di sebuah restoran atau toko dengan persiapan yang berkualitas rendah dan dilayankan kepada pelanggan dalam sebuah bentuk paket untuk dibawa pergi. 
Makanan siap saji (fast food) dapat dijadikan pilihan makanan bagi yang membutuhkan kecepatan, kenyamanan, terjamin kebersihannya, lezat rasanya, praktis, dan harganya relatif murah serta sedikit keluar tenaga. 


Tetapi perlu diingat bahwa Fast Food ada yang baik dan ada yang kurang baik untuk dikonsumsi.



FAST FOOD YANG BAIK terutama yang bergizi, berserat tinggi, diolah menggunakan suhu tidak terlalu tinggi, dengan cara direbus, diukus, atau bahkan tanpa pemasakan, asalkan bersih, mis. gado-gado, pecel, karedok.




FAST FOOD YANG KURANG BAIK. Beberapa jenis makanan yang disajikan di restoran cepat saji mengandung kadar lemak tinggi, rendah zat besi, rendah kalsium, rendah serat makanan, rendah vitamin A dan C. Contoh: ayam goreng, kentang goreng, hamburger, pizza, dan sejenisnya.




Junk Food 

Junk food adalah kata lain untuk makanan yang jumlah kandungan nutrisinya terbatas. Umumnya yang termasuk dalam golongan junk food adalah makanan yang kandungan garam, gula, lemak, dan kalorinya tinggi, tetapi kandungan gizinya sedikit. 

 



Yang paling gampang masuk dalam jenis ini adalah keripik kentang yang mengandung garam, permen, semua dessert manis, makanan fast food yang digoreng, dan minuman soda atau minuman berkarbonasi. Pada makanan yang mempunyai label junk food biasanya kandungan vitamin, protein, atau mineralnya sangat sedikit. Junk food mengandung banyak sodium, saturated fat, dan kolesterol. Bila jumlah ini terlalu banyak di dalam tubuh, maka akan menimbulkan banyak penyakit. Dari penyakit ringan sampai penyakit berat macam darah tinggi, stroke, jantung, dan kanker.



KESIMPULAN:

Intinya, Fast Food itu bukan makanan tapi merupakan teknik penyajian suatu makanan kepada pelanggan, apakah cepat atau tidak, fast food ini sering kita jumpai di restoran-restoran, jadi belum tentu semua fast food itu tidak sehat seperti junk food. Memang betul bahwa  fast food identik sekali dengan burger,minuman bersoda, kentang goreng dan sebagainya. Tapi, istilah fast food sebenarnya lebih dekat dengan teknik pembuatannya atau lama pembuatannya, bukan hasil produksinya.


So, setelah mengetahui apa itu Fast Food dan Junk Food maka keputusan terakhir untuk memilih ada di diri kita sendiri. Semoga bermanfaat.



Sumber : 
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20120310082603AA51VMh
http://id.wikipedia.org/wiki/Makanan_siap_saji
http://bilangsiapa.com/pers/blog/2013/07/21/fast-food-vs-junk-food-amankah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar